0822 7676 9394 / 0853 6137 1674 official@indiemap.id

Sebelum langsung membahas apa itu webgis, baiknya memulai perkenalan diri terlebih dahulu. Baiklah, namun nama saya akan di singkat. Perkenalkan saya admin ZW. Begitu mungkin dapat disapa. Tulisan-tulisan saya akan terdiri seputar website ini yaitu segala seluk-beluk tentang peta. Gaya bahasa yag akan saya berikan tidak terlalu formal, saya ingin seperti bercerita daripada hendak memberikan perukuliahan di website ini. Jadi jangan terlalu kaget kalau penggunaan bahasanya kurang tepat atau terlalu santai.  Oke, kayaknya satu paragraf ini bisa mewakili penulis.

“WebGIS merupakan aplikasi Geographic Information System (GIS) yang dapat diakses secara online melalui internet / web

Webgis, sudah pernah dengar ? Atau belum sama sekali ? Webgis lebih mudah di pahami seperti google maps, itu contoh webgis yang sering kita pakai. Sederhananya, webgis itu peta yang online. Nah, jadi peta kita bisa juga di online kan. Ada yang gratis dan ada yang berbayar. Webgis bisa kita liat tanpa perlu software gis seperti ArcGis ArcMap atau yang sejenisnya. Cukup browser saja, seperti Google Crome atau Firefox.

Salah satu contoh webgis yang dapat di akses di www.arcgis.com

Webgis itu mirip seperti apartemen. Ada banyak yang menawarkan apartemen nya di sewa secara gratis, ada ArcGis Webgis, Google Maps, Cargo.com dan lain sebagainya. Jadi kita bisa naruh peta kita di sana untuk di online kan, tapi tetap terbatas dan harus bayar kalau mau lebih, kalau mau ukuran petanya lebih besar misalnya, atau kalau data yang ditampilkan lebih kompleks.

 

   Home page situs tanahair.indonesia.go.id

Kita juga bisa banyak liat banyak peta webgis baru untuk wilayah indonesia di tanahair.indonesia.go.id. itu merupakan website resmi Indonesia untuk urusan geospasial. Peta-peta kebencanaan bisa di liat disana dan beragam peta lainnya dalam bentuk webgis.

Keuntungan yang bisa kita dapatkan setelah peta kita online ada banyak. Kita dapat melihatnya di banyak gadget, smatrtphone, laptop, tablet, semua yang bisa terkoneksi dengan internet dan punya browser. Kita juga bisa mempublikasikan peta khusus yang kita buat, ini berguna untuk pihak-pihak yang mempublish apa yang mereka kerjakan, untuk pemerintahan contohnya. Penyebaran informasi peta jadi lebih mudah dan transparan. Peta pariwisata misalnya, pengunjung maupun turis bisa langsung tau destinasi yang bagus di suatu wilayah dengan melihat peta yang online ini. Atau seorang mahasiswa yang belum tau jalur an-

gkot yang sesuai, atau persebaran rumah yang di kos kan di dekat kampus atau lainnya. Ada banyak hal yang dapat kita lakukan dengan webgis dan berbagai kemudahannya.

Sistem kerjanya adalah seperti apartemen, apartemen sudah punya bangunan nya sendiri. Kita datang hanya menambahkan dekorasi yang kita mau,seperti itu juga webgis. Mereka sudah punya peta dasar, bahkan citra. Nah, kita hanya menambahkan peta khusus yang kita masukkan ke webgis dengan di upload. Kita bisa nambahkan jalur angkot, tempat makan padang, atau sebaran tempat pariwisata misalnya. Semua peta hampir bisa di buat menjadi webgis.

Tapi kita ga bisa membuat peta di webgis, kaya apartemen. Kita ga bisa membuat tempat tidur yang sesuai keinginan kita di apartemen. Kita membuatnya di luar apartemen, gitu juga dengan webgis. Kita ga bisa melakukan itu, yang Cuma kita bisa yaitu memajang nya di webgis setelah kita proses di software pembuat peta.

Penulis : Admin ZW