0822 7676 9394 / 0853 6137 1674 official@indiemap.id

Berbicara tentang penggunaan peta, ada banyak banget bidang yang menggunakannya. Namun apa saja sih yang kita gunakan dari peta ini dalam kehidupan sehari-hari ?

Sebenarnya karena setiap orang hari-harinya tidak ada yang sama. Maka akan ditarik garis besarnya saja dan dari pengalaman penulis. Karena bisa aja yang ditulis disini, eh kok ga berasa ada digunakan dalam kehidupan sehari-hari pembaca ya. Ya itu karena setiap orang hari-harinya berbeda. Tapi tetap bisa kita cakup secara garis besarnya.

Bangun pagi, kebanyakan dari budaya sekarang pasti lah memegang smartphone. Begitu juga dengan pengggunaan peta di zaman sekarang, paling banyak di gunakan melalui media smartphone. Nah, disinilah kita banyak menggunakan peta dalam kehidupan sehari-hari.

Pagi, jika kita punya aktivitas keluar dari lingkungan rumah, kalau kita tidak punya kendaraan bermotor, sekarang kita bisa memesan ojek maupun taxi online. Nah, aplikasi taxi maupun ojek online ini, menggunakan basis data peta dari Google Maps. Secara ga langsung, pagi hari itu kita sudah menggunakan peta untuk keseharian. Begitu juga kalau kita pulang ke rumah dengan menggunakan aplikasi ini lagi. Pasti menggunakan peta lagi tentunya.

Untuk seseorang yang aktivitas bepergian paginya menggunakan kendaraan pribadi, biasanya juga menggukan peta online untuk melihat kemacetan lalu lintas. Ini bisa di liat dengan menggunkan aplikasi Waze atau Google Maps di smartphone. Kita jadi bisa menghindari kemacetan pagi dan sampai di tujuan dengan cepat dan tepat. Ini juga bentuk pengunaan peta dikeseharian.

Siang, pada saat kita lapar. Kita buka smartphone, klik aplikasi Google. Kita ucapkan “Oke Google”, tempat makan bakso di Medan atau di sekitar kita”. Lalu Google pun memberikan kita referensi tempat bakso yang kita inginkan. Nah, informasi yang diberikan oleh Google diproses melalui proses yang cukup panjang. Pertama, Google sudah mempunyai basis peta dasar. Lalu para penjual memarking atau menandai tempat jualan mereka di Google Maps. Nah lalu kita meminta pencarian itu, kalau pencarian tempat makan bakso di Medan, tentu tinggal dikumpulkan saja oleh Google melalui datanya, lalu langsung diberi ke pengguna. Namun apabila pencarian makanan bakso di sekitar kita, berarti smartphone kita haruslah mendukung GPS agar Google jadi tau kita berada di mana dan akan dicocokkan dengan tempat makan bakso yang dekat dengan titik lokasi smartphone itu berada.

Game juga terkadang menggunakan peta sebagai alat bermainnya. Kalau kita ingat ke belakang, pada saat berjayanya game Pokemon Go karena inovasi teknologi yang di tawarkan dengan augmented reality. Banyak para pemain game di dunia memainkannya. Nah, pada saat disitu juga, Niantics, selaku pengembang game Pokemon Go, menggunakan baasis data peta dunia nyata untuk di terapkan di permainannya.

Kita juga sering dalam aktivitas sehari-hari bepergian tanpa tau terlebih dahulu tempat yang kita tuju. Misalnya kita yang akan menghadiri wisuda teman yang berada di kampus lain, atau janjian untuk ketemu dengan orang lain di tempat yang baru. Dizaman sekarang, kita ga punya ketakutan yang berlebihan untuk sekedar nyasar ke tempat yang di tuju. Karena bagaimanapun kita membawa peta di smartphone kita dan memakainya sehingga segala sesuatu menjadi mudah.

Mungkin itu saja sesuatu yang dipakai di dalam keseharian hampir kebanyakan orang. Bisa saja dituliskan menjadi lebih luas, namun mungkin itu tidak termasuk garis besar yang di gunakan dalam keseharian setiap orang. Dan kebanyakan dituliskan penggunaan smartphone karena dewasa ini penggunaan peta memang erat sekali dengan media smartphone. Kita sudah sangat jarang membawa peta fisik untuk sekedar bepergian.

Penulis: Admin ZW